Selasa, 30 April 2013

Artikel Tentang Komputasi Modern

Saat ini saya menulis mengenai komputasi modern. Komputasi Modern sebuah hal yang dapat kita nikmati saat ini.. bagi anda yang sedang membaca halaman ini melalui computer itu pun merupakan hasil dari Komputasi Modern. Lalu Apa si Komputasi Modern itu.
Bila kata Komputasi pengertiannya suatu cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Contohnya adalah dengan melakukan suatu perhitungan. Jika pada zaman dahulu orang melakukan perhitungan dengan alat yang masih sederhana, maka pada zaman sekarang (modern) manusia dapat melakukan perhitungan atau komputasi yang cepat dengan menggunakan komputer, pada kemunculan awal komputer ini sendiri dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan aritmatika, seiring dengan bertambahnya waktu atau zaman yang diikuti pula dengan perkembangan di bidang teknologi komputasi, kini komputer dapat dimanfaatkan bukan untuk melakukan perhitungan saja namun juga untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu atau sains. Komputer dapat juga digunakan untuk mengolah data dan pemrosesan informasi dengan kecepatan yang tinggi apabila dilihat dari sudut pandang ilmu komputer. Di kutip dari (sumber : Komputasi – http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi).

Dalam ilmu komputasi memiliki satu cabang ilmu yang bernama komputasi sains. Secara umum komputasi sains mempelajari aspek-aspek komputasi untuk aplikasi atau memecahkan masalah di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi dan geologi. Dalam sejarah komputasi modern tidak dapat terlepas dari peranan John von Neumann, beliau adalah ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern serta salah satu ahli matematika terbesar, beliau juga yang pertam kali mencetuskan konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehingga menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.
Dulu umumnya komputasi dilakukan dengan menggunakan pulpen dan kertas, kapur dan batu tulis, dan juga menggunakan bantuan tabel. Namun sekarang seiring dengan berkembangnya zaman maka komputasi dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Dengan demikian waktu yang diperlukan untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan akan diperoleh lebih cepat. Komputasi dengan menggunakan bantuan dari komputer inilah yang akhirnya disebut dengan Komputasi Modern.




Komentar :
     Komputasi modern ini sangat berguna sekali untuk perkembangan ilmu sain dan perhitungan, karena semakin tambah maju pemikiran manusianya semakin tambah pengetahuan dan penemuan-penemuan baru. Dengan adanya komputasi modern ini sangat berguna sekali. Contohnya komputer, dasar dari bekerjanya atau beroperasinya komputer canggih sampai saat ini yaitu berasal dari perhitungan yang bisa mengistruksikan sebuah tombol sesuai dengan fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar